Minggu, 25 Januari 2015

Tanaman Herbal

daun-barucina


Tanaman Herbal

Berikut tanaman yang bisa digunakan untuk Pengobatan Stroke:

1.       Barucina
Tanaman ini dikenal dengan nama daerah jukut sokat mala, suket gajahan atau daun sudamala. Bagian tanaman yang digunakan adalah daunnya. Tanaman ini bersifat hangat dan berfungsi untuk menghilangkan rasa nyeri dan melancarkan peredaran darah.

Dalam pengobatan stroke, herbal ini dipakai untuk memperbaiki sistem peredaran darah secara menyeluruh sehingga dapat mencegah dan memperbaiki sumbatan-sumbatan yang kemungkinan ada pada pembuluh darah.

2.       Buah Makasar
Bagian tanaman yang digunakan adalah buahnya. Karena tanaman ini sedikit beracun  maka penggunaannya harus sedikit hati-hati dan jangan terlalu banyak.  Buah makasar dipanen ketika buah sudah tua yang ditandai dengan perubahan warna dari hijau menjadi hitam. Ketika digunakan sebagai obat sebaiknya buah makasar dalam keadaan kering

3.       Daun Dewa
Bagian tanaman yang dipakai untuk obat yaitu daun dan umbinya. Penggunaannya pun sangat sederhana. Herbal ini dapat disajikan dalam bentuk lalapan atau disajikan dalam bentuk rebusan. Tanaman ini dipakai untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mencairkan bekuan darah yang mungkin terjadi pasca serangan stroke.

4.       Iler , dikenal dengan nama daerah daun miana. Mempunyai efek penambah nafsu makan, menetralisir racun, menghilangkan gumpalan darah, mempercepat pematangan bisul, obat cacing, dan peluruh haid.

5.       Jati Belanda

Bijinya dapat mengentikan diare, pelangsing, obat sembelit, perut kembung, sesak, sakit perut
Buah : melarutkan lendir, perut kembung, obat mencretm diare
Daun : pelangsing tubuh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar