Minggu, 24 Februari 2019

Diet Menurunkan Berat Badan

Pola Makan Untuk Langsing Dan Sehat


Tubuh kita membutuhkan bahan bakar dan energi untuk semua yang kita lakukan, dari  bernafas hingga bergerak. Nutrisi yang menyediakan energi untuk tubuh anda disebut makronutrisi dan anda membutuhkannya dalam jumlah yang besar setiap hari. Makronutrisi terdiri dari karbohidrat, lemak dan protein.

Karbohidrat adalah gula, saripati dan serat dalam makanan kita. Jenis makanan ini merupakan sumber utama untuk energi dan bahan bakar esensial untuk otak. Sebagian karbohidrat dalam makanan membantu proses pencernaan karena kaya akan serat. Karbohidrat terdapat dalam nasi, pasta, kentang, sereal, roti, buah-buahan dan sayur sayuran serta gula.
Ada dua jenis karbohidrat : karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana adalah berbagai jenis gula yang mudah diproses oleh tubuh. Karbohidrat sederhana langsung menuju aliran darah dan memberikan energi dengan cepat. Energi tersebut tidak diubah dan disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Karbohidrat sederhana mempercepat pembakaran energi oleh tubuh. Oleh karena itu energi juga digunakan dengan cepat. Makanan yang memiliki karbohidrat sederhana adalah makanan yang cenderung putih, roti putih, nasi putih, gula putih. Cake yang manis juga memiliki kandungan karbohidrat sederhana tinggi.
Karbohidrat kompleks atau sari pati juga disebut karbohidrat yang lambat diserap tubuh, karena tubuh anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna karbohidrat tersebut. Sehingga tubuh anda akan memiliki energi yang bertahan cukup lama hingga makan berikutnya. Karbohidrat kompleks ditemukan dalam gandum (roti gandum, pastagandum), nasi merah serta sayur-sayuran dan buah-buahan. Salah satu jenis karbohidrat yang paling kompleks adalah makanan yang mengandung serat. Beberapa makanan yang mengandung serat tidak dapat dicerna oleh tubuh dan tidak menyediakan energi. Namun serat tersebut penting untuk menjaga sistem pencernaan sehat dan berfungsi dengan baik.
Glycemic Index (GI)
GI merupakan ukuran seberapa cepat dan seberapa tinggi level gula darah (glukosa) meningkat setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Makanan yang kaya akan karbohidrat sederhana memiliki kadar GI yang inggi. Ketika mengkonsumsi makanan dengan kadar GI yang tinggi, level gula darah anda pun akan meningkat dengan cepat. Kemudian anda akan merasa lelah dan kekurangan energi. Makanan yang kaya akan
karbohidrat kompleks memiliki kadar GI yang rendah, ketika mengkonsumsi makanan dengan kadar GI yang rendah maka level gula darah anda stabil dan terjaga keseimbangannya sehingga menyediakan energi yang bertahan lama.
Lemak
Lemak merupakan nutrisi yang mengandung paling banyak bentuk energi, oleh karena itu anda harus menjaga konsumsi lemak. Karena lemak berfungsi sebagai pembawa zat gizi  lain, seperti vitamin, sedikit asupan lemak harian sangat penting. Beberapa asam lemak esensial, yang berarti mereka tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus disediakan oleh makanan yang kita makan. Oleh karena itu jangan melupakan lemak dalam diet anda, pilihlah lemak baik.
Lemak tak jenuh dan jenuh.
Lemak jenuh biasanya berbentuk padat dalam suhu ruangan. Sebagian lemak hidrogenasi (kue, donat) mentega, susu dan lemak hewani cendrung memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi, makanan yang memiliki kadar lemak tinggi dapat memacu resiko penyakit hati dan pembuluh darah, kelebihan berat badan dan bebepa jenis kanker.
Lemak tak jenuh merupakan lemak berbentuk cair dalam suhu ruangan. Lemak-lemak tersebut ditemukan dalam lemak ikan, minyak zaitun, minyak canola, kacang, almond dan alpukat. Beberapa lemak tak jenuh mengandung asam lemak esensial.

Asam lemak yang esensial.
Asam lemak esensial tidak dapat diproduksi dalam tubuh kita dan harus disediakan oleh makanan yang kita konsumsi. Asam lemak tersebut penting untuk mengatur tekanan darah,fungsi ginjal, pembekuan darah, pembakaran dan kekebalan tubuh, tetapi yang paling penting asam lemak merupakan komponen struktural penting untuk membran sel.
Terdapat dua jenis asam lemak esensial ;
· Omega 6 yang terdapat dalam bunga matahari, Jagung, minyak zaitun dan kedelai.
· Omega 3 yang ditemukan dalam telur dan biji kenari.
Asam lemak omega 3 yang paling penting terdapat dalam lemak ikan (herring, salmon,mackerel) dan telah terbukti mencegah penyakit hati dan membantu menjaga kesehatan otak dan sistem syaraf.
Protein
Tubuh membutuhkan protein untuk membentuk dan memperbaiki kesehatan kulit, rambut,organ tubuh dan jaringan dalam tubuh. Makanan yang kaya protein adalah daging, telur,ikan, makanan laut, makanan yang mengandung susu, kacang-kacangan dan kacang polong. Jika anda mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, sistem pencernaan perut dan usus anda bekerja dengan baik. Sistem tersebut menguraikan protein dalam makanan menjadi unit-unit dasar yang disebut asam amino. Kemudian asam amino digunakan kembali untuk membuat protein yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga organ tubuh, otot dan darah.
Sumber protein yang buruk.
Beberapa makanan yang kaya akan protein lengkap juga kaya akan lemak tak jenuh atau karbohidrat sederhana, oleh karena itu anda hanya boleh mengkonsumsi makanan ini dalam
jumlah sedikit (daging merah, sosis, keju berlemak tinggi, hamburger). Lebih baik anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein dan serat, lemak jenuh, vitamin dan mineral tetapi rendah kandungan lemak tak jenuh (daging tanpa lemak, unggas, ikan,telur, kacang-kacangan, susu dan keju rendah lemak).
Daftar makanan yang sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedikit atau hindari!
· Daging merah
· Mentega
· Susu dengan kadar lemak tinggi
· Krim keju dengan kadar lemak tinggi
· Nasi putih
· Roti putih
· Pasta
· Minuman yang manis
· Cake
· Makanan yang mani manis
· Gula
Daftar makanan yang sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang
· Ikan
· Unggas (ayam)
· Telur
· Makanan laut
· Kacang kacangan dan buncis
· Susu rendah lemak (0,05% lemak) dan keju
· Minyak sayur (zaitun, bunga matahari dll)
Makanan yang sebaiknya sering dikonsumsi dalam jumlah besar :
· Gandum (roti gandum, sereal gandum, pasta gandum, nasi merah)
· Berbagai jenis sayuran
· Buah-buahan
Seberapa banyak anda harus makan?
· Sayur-sayuran 500 gr
· Buah buahan setiap hari
· Sayur untuk makan siang dan makan malam minimal 150 gr
· Makanan kaya akan karbohidrat, 100-150 gr pasta, nasi atau kentang.
· Makanan kaya akan protein tepatnya 100 gr daging tanpa lemak atau 200 gr kacang
polong, kacang-kacangan dan buncis.
Kalori yang keluar
Latihan ringan selama 30 menit seperti berjalan kaki atau bermain bersama anak anak andaakan membakar tepatnya 200 kcal.
Aktivitas dengan intensitas rendah <200 kcal, 30 menit bowling, bermain dengan anak anak,
membersihkan rumah, golf , berjalan kaki
Aktivitas dengan intensitas medium 200-300 kcal, 30 menit bersepeda, naik turun tangga,sky, tenis.
Aktivitas dengan intensitas tinggi >300 kcal, 30 menit renang, berdansa, sepak bola,jogging, berlari.
Pertanyaannya sekarang, bagaimana caranya menurunkan
berat badan agar tubuh kita langsing dan sehat?
Apa yang harus diperhatikan untuk mulai menurunkan berat badan? Jawabnya, metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh kita yang mengatur pembakaran kalori. Yang penting bukan pada jumlah kalori yang harus kita makan, melainkan pada metabolisme tubuh.
Berikut cara meningkatkan metabolisme tubuh :
1. Mengatur pola makan. Penurunan kalori secara drastis akan merusak meabolisme tubuh.
2. Mulailah bergerak. Metabolisme tubuh yang tidak pernah berolahraga akan lambat.
Setelah itu mulailah mengatur pola makan. Dengan memilih menu yang lebih sehat, karbohidrat dengan indeks glikemiks yang rendah, protein yang cukup dan lemak sehat setiap hari.
Apakah metabolisme tubuh itu?
Yang sering dianggap sebagai metabolisme adalah BMR (Basal Metabolic Rate). BMR adalah jumlah energi yang dibutuhkan tubuh hanya untuk hidup tanpa melakukan kegiatan apa-apa. BMR akan berkurang seiring bertambah usia.
Rumus BMR :
BMR Cowok, 66 + (13,7 x berat kg) + (5 x tinggi cm) – (6,8 x umur th)
BMR Cewek, 665 + (9,6 x berat kg) + (1,8 x tinggi cm) – (4,7 x umur th)
Untuk memprogram BMR supaya tetap tinggi, kita harus makan sesering mungkin.
Disarankan 5-6 kali makan, 3 x makan utama dan 2-3 kali camilan. Jika kita ingin mengurangi kalori sebesar 2.000, maka bagilah jatah 2.000 kalori ke dalam 5-6 kali makan.
Jangan makan kenyang 6 kali.
Komposisi diet untuk menjaga berat badan ideal adalah 55% karbohidrat, 25% protein dan 20% lemak. Untuk menurunkan berat badan disarankan komposisi 45% karbohidrat, 35% protein dan 20% lemak.
Contoh jika anda membutuhkan 2.000 kalori perhari, maka
45% X 2.000 =900 kalori
1 gr karbohidrat = 4 kalori maka 900 kalori= 900/4=225 gr karbohidrat
35% X 2.000 =700 kalori atau sama dengan 175 gr protein
1 gr protein = 4 kalori maka 700 kalori= 700/4=175 gr protein
205 X 2.000 = 400 kalori
1 gr lemak= 9 kalori maka 400 kalori= 400/9= 44 gram lemak
Jadi perhatikan jenis makanan dan komposisi kalori makanan anda. Salah komposisi maka diet tidak akan berhasil.
Metabolisme tubuh anda adalah yang terpenting dalam proses diet. Cara paling mudah untuk mengecek metabolisme tubuh anda adalah dengan mengenali diri anda sendiri.
Berapa kali anda makan dalam sehari?
Makanlah 5-6 kali sehari. Normalnya 3 kali sehari memang. Namun pada kenyataannya tubuh di desain untuk makan lebih dari 3 kali. Jika kita sarapan pada jam 7 dan makan siang pada jam 1, sebenarnya pada jam 10 kita merasa lapar. Usai makan jam 1 siang, kita makan lagi jam 7 malam. Pada pukul 4 sore perut sudah merasa lapar.
Lapar-lapar itu biasanya kita isi dengan makanan cepat saji, yaitu makanan berkalori
tinggi dan tidak mengenyangkan. Ini yang bikin kita gendut.
Nutrisi makanan cepat saji sangat minim, tapi jumlah kalorinya sangat tinggi. Isilah waktu waktu lapar ini dengan camilan yang bergizi tinggi.  Tiga kali makan biasa, tiga kali camilan. Inilah cara yang paling pasti agar metabolisme tetap stabil sehingga proses bakar lemak jadi lebih cepat.
Jadi anda mengurangi kalori bukan mengurangi frekuensi makan.
Berlapar-lapar justru akan membuat anda menjadi gemuk. Mengapa? Tubuh kita didesain sedemikian rupa untuk menjaga dirinya dari kematian. Contoh apabila kita tidak makan dalam waktu yang cukup lama, maka hasil akhirnya adalah kematian. Karena tubuh mengupayakan agar tidak mati, otak memberi sinyal ke tubuh dalam bentuk rasa lapar, menyuruh kita untuk mengonsumsi makanan untuk tetap hidup dan tidak membahayakan kondisi tubuh. Kalau kita menahan lapar lebih lama lagi, maka metabolisme tubuh akan menurun, artinya tubuh enggan membakar lemak dan menyimpan apa saja yang masuk ke dalam tubuh sebagai cadangan energi. Akhirnya kita malah menjadi gemuk.
Nah, dengan demikian anda sudah dapat gambaran kan bagaimana langkah-langkah untuk menurunkan berat badan?
Oya, mengapa saya memberi judul tulisan ini dengan Diet Otomatis? Karena bila kita menjalani pola makan sehat, maka tanpa bermaksud diet pun, sejatinya kita tengah menjalani diet sehat untuk menjaga berat badan. Setuju? Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.
ANDA INGIN SEHAT BADAN & KEUANGAN SEKALIGUS?
Yuk gabung bersama kami  dengan menjalankan Bisnis yang menawarkan aneka produk kesehatan dan produk untuk pasutri,  sekaligus memberikan solusi untuk masalah keuangan Anda! Karena produk ini menawarkan peluang bisnis. Info selengkapnya disini.
Bisnis SEHAT dari luar dan DARI DALAM!!!

(referensi : Rahasia Diet Denny Santoso, S.Kom )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar