Minggu, 24 Februari 2019

PEMANIS ALAMI VS PEMANIS BUATAN


Untuk mendapatkan rasa manis tanpa menambah kalori dan menaikkan glukosa darah, manusia telah menciptakan berbagai produk gula buatan (sintetis). Berikut adalah beberapa produk gula sintetis yang kini ada di pasaran :
1.       Sakarin
Sakarin 300 x lebih manis dari gula pasir. Sakarin tidak diolah tubuh, tapi langsung dibuang lewat urin. Sakarin tidak menambah kalori atau glukosa darah. Hasil penelitian mengatakan sakarin dapat memicu kanker.
2.       Siklamat
Sifatnya tahan panas sehingga bila dicampur dalam makanan yang dioven atau digoreng, rasa manisnya tidak berubah. Siklamat 30 x lebih manis dari gula pasir.
3.       Aspartame
Rasanya lebih alami, rasanya 200 x lebih manis dari gula pasir. Dibuat dari dua unsur protein sehingga diolah tubuh seperti halnya protein
4.       Sukralosa
Berasal dari senyawa gula pasir. Sukralosa disukai karena tahan panas dan tidak mengandung kalori.


APAKAH AMAN? Secara resmi dianggap aman. Namun sejumlah ilmuwan mengatakan pemanis buatan tidak baik untuk jangka panjang dan harus dibatasi.
Selain itu pemanis buatan juga membingungkan otak manusia yang mengkonsumsinya.

Otak biasanya mengaitkan rasa manis dengan kadar kalori untuk membantu mengatur asupan energi. Ketika berpuasa otak akan memotivasi kita untuk berbuka dengan yang manis manis karena memiliki kalori yang diperlukan tubuh. Dalam kasus soda diet (pemanis buatan) ternyata rasa manis tidak terkait dengan kalori. Ha ini membuat otak bingung dan merasa tertipu. Setelah tertipu, sensor manis otak tidak lagi dijadikan alat ukur yang dapat diandalkan untuk mengatur konsumsi energi. Otak akan mengabaikan rasa manis dalam memprediksi kandungan energi dari makanan. Hal ini lah yang kemudian menimbulkan kegemukan karena otak tidak dapat mengatur ambang batas pemakaian apakah anda sudah kenyang atau belum.

KESIMPULANNYA adalah, gunakan pemanis alami  (gula asli) secukupnya saja.
Sumber : dr.Salma (Tetap Sehat Setelah Usia 40 Tahun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar